Aneka Cara Membuat Bakso, Resep Masakan, Dessert, Kue

Tips Cara Membuat Bakso yang Sehat

Tips cara membuat bakso yang sehat dapat membantu mencegah dari beberapa penyakit yang akan menyerang karena kita sudah mengantisipasinya. Dengan membuatnya sendiri semestinya kita lebih aman karena dapat mengontrol atas kandungan dan bahan-bahan yang dipakai. Sebagai cara membuat bakso yang lebih sehat dapat dilakukan dengan beberapa perubahan dalam resep bakso kita. Terus apa saja kiat untuk bikin bakso yang menyehatkan?

Tips Cara Membuat Bakso yang Sehat

Tips Cara Membuat Bakso yang Sehat

Berbahan dasar daging tanpa lemak. 
Perbandingan untuk bikin bakso yang lezat dan enak adalah dengan perbandingan antara daging dan lemak adalah 80:20. Namun kita dapat mengurangi tingkat lemaknya dengan memakai bahan dasar daging sapi yang bebas lemak atau dengan mengganti daging sapi dengan daging lainnya yang mempunyai kadar lemak lebih rendah, misalnya ikan tuna atau ayam.
Baca juga resep bakso : Cara Membuat Bakso Malang Lengkap
Bumbu bakso yang baik
Supaya rasa dari bakso tidak berkurang dengan dikurangi tingkat lemaknya, maka bumbui bakso dengan baik. Garam dan lada dapat dilengkapi dengan rempah seperti oregano, bawang putih bubuk, cabai bubuk, dll.

Mengganti tepung terigu dengan tepung gandum.
Dalam membuat bakso membutuhkan tepung terigu yang berguna sebagai bahan pengikat yang menjaga bentuk bakso. Untuk mendapatkan bakso yang sehat, berserat dan bergizi maka sebagai cara membuat bakso yang dapat dilakukan adalah dengan menggantikan tepung terigu dengan tepung gandum.

Memasak bakso dengan cara yang lebih sehat.
Memasak bakso dengan cara direbus, dipanggang, atau membakarnya merupaka cara yang relatif lebih sehat. namun jika kita ingin memasak bakso dengan cara digoreng, maka cukup menumisnya dengan wajan anti lengket dan sedikit minyak goreng. Dengan demikian cara memasak bakso dapat menentukan kandungan lemak dalam bakso.

Menghidangkan bakso dengan cara yang lebih sehat.
Sebaiknya dalam menghidangkan bakso jangan bersamaan dengan bahan tinggi kalori atau tinggi lemak. Sajikan bakso bersama dengan salad atau sayuran, ini akan membuat kita lebih sehat. Kita juga dapat membuat saus sehat yang berasal dari buah tomat.

Itulah tips cara membuat bakso yang sehat, dengan demikian kita tidak perlu khawatir akan lemak yang terkandung dalam bakso. Selain itu dengan kita bikin bakso sendiri dapat berkreasi sesuka kita. Jika anda ingin melihat cara membuat bakso daging sapi ada di sini. Sedangkan untuk kumpulan resep bakso ada di >> Cara Membuat Bakso

Tips Cara Membuat Bakso yang Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown