Aneka Cara Membuat Bakso, Resep Masakan, Dessert, Kue

Resep & Cara Membuat Bakso Wonogiri Jumbo

Resep & Cara Membuat Bakso Wonogiri Jumbo. Meski kota Wonogiri adalah kota kecil yang ada di Jawa Tengah namun untuk urusan citarasa tidak kalah dengan kota-kota lainnya terutama yang trkenal adalah karena bakso-nya. Ini dapat terlihat di kota besar misalnya Jakarta yag menggunakan nama baksonya "Wonogiri". Berikut resep bakso wonogiri dengan ukuran besar.

Cara Membuat Bakso Wonogiri Jumbo

Cara Membuat Bakso Wonogiri Jumbo

Bahan:

Daging sapi, 1 kg 
Tepung sagu, 250 gr 
Telur, 1 butir 
Garam, secukupnya
Lada, secukupnya
Bawang merah, 3 siung
Bawang putih, 3 siung 
Air es, secukupnya
Penyedap rasa sasa, 2 sendok teh
Kuah Bakso Besar ala Bakso Wonogiri :

Air, 3 liter
Tulang sapi, 1 buah, potong kecil dan rekatkan
Lada, secukupnya
Kemiri, 2 butir
Bawang merah, 6 siung
Bawang putih, 4 siung
Kaldu sachet, 2 bungkus

Pelengkap :
Mie kuning yang telah direbus, 150 gram
Bihun yang telah direbus, 100 gram
Tauge, 100 gram
Sawi hijau yang telah direbus, 10 batang
Bawang goreng, secukupnya
Garam, secukupnya
Penyedap rasa, secukupnya
Seledri, 4 batang, iris tipis

  1. Membuat baksonya : Langkah pertama adalah dengan menggiling daging, kemudian tambahkan tepung sagu dan juga air es sedikit demi sedikit, giling terus sampai tercampur rata. Kemudian masukkan garam,lada, penyedap, bawang merah dan juga bawang putih yang telah dihaluskan, aduk sampai tercampur dan kalis, lalu angkat.
  2. Ambil adonan, kira-kira 150 gram, kemudian bentuk bulat. Kemudian masukkan bulatan bakso tersebut ke dalam air yang teleh mendidih, masak sampai bakso menjadi matang yang ditandai dengan mengapungnya bakso, laluangkat dan tiriskan.
  3. Kuah Bakso : Haluskan bawang merah, bawang putih serta kemiri, lalu tumis hingga harum, masukkan ke dalam rebusan air yang telah mendidih, tambahkan tulang, masak selama 5 jam dengan api kecil.
  4. Penyajian : Siapkan mangkuk, lalu beri garam dan juga penyedap rasa, kemudian masukkan mie, tauge, sawi hijau, bihun, tambahkan bakso. Selanjutnya adalah dengan menyiram kuah bakso dan dilanjutkan dengan memberi taburan bawang goreng, irisan seledri.
  5. Bakso wonogiri siap disajikan panas-panas. Sumber Cara Membuat Bakso Wonogiri Jumbo : http://www.reseponlineku.com/2014/08/resep-makanan-bakso-besar-ala-bakso.html
Selamat mencoba.!! Resep bakso lainnya : Cara Membuat Bakso Solo Enak, Kenyal dan Lezat. Jika anda ingin melihat cara membuat bakso daging sapi ada di sini. Sedangkan untuk kumpulan resep bakso ada di >> Cara Membuat Bakso

Resep & Cara Membuat Bakso Wonogiri Jumbo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown