Aneka Cara Membuat Bakso, Resep Masakan, Dessert, Kue

Memilih Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Membuat Bakso

Salah satu cara membuat bakso sapi yang enak dan kress adalah dengan memilih bagian daging sapi yang cocok untuk dibikin bakso. Kita dapat mencoba resep bakso sapi yang dapat diambil dari tabloid ataupun media online sebagai alternatif hidangan lain di rumah. Sebelum membuat bakso sendiri di dapur kita, alangkah baiknya kita mengenal bagian-bagian daging sapi yang paling cocok dijadikan bakso.

Memilih Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Membuat Bakso

Memilih Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Membuat Bakso

Topside adalah bagian dari pangkal kaki belakang yang mempunyai bentuk yang cukup ramping dan juga cukup lembut serta mudah matang jika kita masak sehingga kita dapat memasaknya dengan membutuhkan waktu yang lebih singkat dengan suhu yang rendah. Inilah salah satu cara membuat bakso yang enak dengan memilih bagian sapi yang tepat. Sehingga bagian topside sangat cocok dipakai untuk bahan baku dalam pembuatan bakso.

Bagian tetelan pada daging sapi biasanya adalah daging-daging yang melekat langsung pada tulang yang mempunyai struktur serat otot yang cukup kenyal. Pada bagian tetelan inilah sangat pas untuk bahan baku pembuatan bakso urat karena strukturnya yang kenyal tadi. Penggunaan daging tetelan sebaiknya dipakai sebagai isi bakso supaya tekstur luar bakso terlihat lembut dan saat kita mengunyah bakso akan terasa ada sensasi tersendiri karena adanya isian tetelan tadi.
Bagian kaki atas (shank) sapi biasanya terdiri dari daging yang membalut tulang kering, dan tulang kering pada kaki atas sapi inilah yang banyak terdapat sumsum yang mempunyai rasa sangat gurih dan lezat. Dengan demikian bagian atas kaki sapi sangat cocok sebagai cara membuat bakso yang enak karena dapat digunakan sebagai kaldu dalam kuah bakso. Dengan kaldu dari tulang sapi maka kuah bakso akan terasa lebih gurih dan nikmat. Membuat bakso sapi dari daging yang menempel di tulang kering akan menjadikan bakso sapi  kreasi kita akan semakin empuk dan moist sebab pada dasarnya daging yang melekat pada tulang kering akan menghasilkan lemak yang dapat membikin tekstur bakso menjadi lebih lembut lagi.

Demikian tips memilih bagian daging sapi yang cocok untuk membuat bakso yang semoga dapat memberi informasi yang berguna. Bagian daging sapi tersebut di atas merupakan bagian yang cocok dibikin resep bakso sapi. Dengan demikian dengan mengenal bagian-bagian daging sapi merupakan tips cara membuat bakso yang berkualitas dan juga enak. Jika anda ingin melihat cara membuat bakso daging sapi ada di sini. Sedangkan untuk kumpulan resep bakso ada di >> Cara Membuat Bakso

Memilih Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Membuat Bakso Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown