Aneka Cara Membuat Bakso, Resep Masakan, Dessert, Kue

Tips tentang Cara Membuat Bakso Sapi

Cara membuat bakso dapat dilakukan di dapur rumah anda sendiri sebagai alternatif hidangan yang spesial yang disajikan untuk keluarga. Daging sapi dapat dimasak menjadi misalnya sate, sup atau soto, atau sajian istimewa lainnya. Membuat bakso sapi bisa menjadi alternatif hidangan spesial. Resep bakso sapi tidaklah sulit karena menggunakan bumbu/ bahan yang mudah ditemukan.

Terus apa saja tips tentang cara membuat bakso sapi yang perlu diperhatikan? Hal yang pertama adalah menggunakan bahan daging sapi yang segar. Meskipun dalam pembuatan bakso sapi pakai berbagai bahan pelengkap, namun bukan berarti kita dapat menggunakan daging sapi yang sudah kurang segar. Adapun ciri-ciri daging sapi segar antara lain: mempunyai warna merah terang, lemaknya berwarna kekuningan, terkstur daging kenyal, tidak berbau menyengat (tidak berbau busuk, tidak sedap atau bau bangkai). Dengan menggunakan daging sapi yang tidak segar maka bakso yang dihasilkan bakso yang tidak berkualitas yaitu rasanya yang tidak enak.

Tips tentang Cara Membuat Bakso Sapi

Tips tentang Cara Membuat Bakso Sapi

Apabila kita tidak suka dengan bakso sapi yang banyak mengandung urat, maka kita dapat membuat bakso sapi dengan menggunakan daging sapi pada bagian tanjung (rump). Pada bagian ini daging akan mempuyai tekstur yang lembut dan sedikit otot, hal ini akan membuat bakso yang dihasilkan mempunyai tekstur yang lebih lembut dan lebih kenyal.

Apabila jika anda suka bakso urat maka anda dapat menggunakan daging sapi pada bagian sengkel karena pada bagian ini adalah terletak di bagian depan atas dari kaki sapi yang teksturnya mempunyai urat.

Tips tentang cara membuat bakso selanjutnya adalah walaupun memakai bantuan mesin atau food processor dalam membuat bakso, tetapi kita tetap harus memotongnya sehingga bentuk daging akan menjadi lebih kecil dan ini akan lebih mudah diproses. Apabila daging mempuyai ukuran yang besar bisa mempersulit proses pembuatan adonan dan dapat menyebabkan suhu adonan bakso akan menjadi lebih panas. Jika kita membuat adonan bakso dengan bantuan mesin maka usahakan untuk menghaluskan adonan bakso dengan waktu yang singkat. Perlu diketahui bersama bahwa dengan menghaluskan adonan bakso terlalu lama akan menjadikan suhu adonan menjadi lebih tinggi dan akan merusak kandungan protein daging sapi. Bakso yang dihasilkan jika ini terjadi adalah bakso akan menjadi lembek dan tidak kenyal.

Mencetak adonan bakso yang sudah siap maka harus segera dibentuk supaya kualitas bakso yang dihasillkan dapat teeta terjaga. Masukkan bola-bola bakso sapi yang sudah dicetak di air panas yang mempunyai temperatur 60-80 derajad celcius yang akan membentuk lapisan kulit luar bakso yang bertekstur renyah/ kress.
Baca juga : Memilih Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Membuat Bakso
Untuk tips selanjutnya adalah setelah semua bakso sapi siap maka kita dapat merebusnya pada air  mendidih sampai bola-bola bakso sapi menjadi mengapung. Sajikan bakso sapi dengan bahan-bahan pelengkap yang berkualitas dan bergizi supaya kesehatan keluarga tetap terjaga.

Itulah sedikit tips tentang cara membuat bakso sapi sehingga bakso yang dihasilkan lebih berkualitas, selamat mencoba bikin bakso. Jika anda ingin melihat cara membuat bakso daging sapi ada di sini. Sedangkan untuk kumpulan resep bakso ada di >> Cara Membuat Bakso

Tips tentang Cara Membuat Bakso Sapi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown