Aneka Cara Membuat Bakso, Resep Masakan, Dessert, Kue

Resep & Cara Membuat Bakso Daging Sapi Lengkap dan Lezat

Resep & Cara Membuat Bakso Daging Sapi Lengkap dan Lezat dapat dilakukan jika kita menggunakan bahan dasar dari bakso adalah yang berkualitas. Pilihlah daging sapi yang segar pada bagian paha karena di bagian ini bebas urat dan juga memiliki sedikit lemak. Contohnya, daging lemusir dan gandik. Dua varian ini dijamin akan menghasilkan bakso yang bermutu top markotop. Hal yang dapat menentukan bakso kress adalah komposisi daging dalam adonan yang banyak, kualitas pemilihan daging. Waktu yang dibutuhkan untuk mengadon dan penambahan es, juga sangat menentukan terhadap tekstur bakso yang dibuat. Selain itu mesin penggiling dan mixer pencampur adonan juga sangat berpengaruh.

Resep & Cara Membuat Bakso Daging Sapi Lengkap dan Lezat

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

Bahan-bahan
1/2 Kg daging sapi segar bagian sengkel yang dipotong-potong kecil
4 sdt garam kasar
1 butir telur
1 sdm bawang putih goreng
1 sdm bawang merah goreng
125 gr tepung sagu aren
250 gr es serut
1/2 sdt penyedap rasa
3 siung bawang putih yang dihaluskan
1/2 sdt merica bubuk

Bahan Kuah:
1,5 Kg tulang sapi
5 Lt air
4 tangkai seledri, diikat
4 batang daun seledri
10 siung bawang putih yang digoreng utuh lalu memarkan
50 gr bawang merah goreng
7 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt penyedap rasa

Bahan Sambal:
5 buah cabai merah keriting yang direbus
20 buah cabai rawit merah juga direbus
250 ml air
1/2 sdt garam

Bahan Pelengkap:
250 gr bihun yang diseduh
250 gr mi telur yang diseduh
9 tangkai seledri lalu diiris halus untuk bahan taburan
4 sendok makan bawang merah goreng untuk bahan taburan juga.

Cara membuat bakso daging sapi:
  1. Bakso : masukkan daging sapi dan garam ke dalam food processor untuk digiling hingga menjadi halus. Kemudian masukkan telur, es serut, bawang putih, bawang putih goreng, penyedap rasa, merica bubuk, dan bawang merah goreng dan giling hingga menjadi lembut. Setelah itu tambahkan tepung sagu dan giling rata hingga adonan bnar-benar lembut dan juga menjadi kalis. Selanjutnya adalah ambil adonan dan bentuk bola-bola bakso. Kemudian bola-bola bakso tersebut diasukkan ke dalam air hangat dan rebus hingga menjdi matang yang ditandai dengan mengapungnya bola-bola bakso, tiriskan.
  2. Kuah : rebus tulang sapi yang sudah disiapkan ke dalam air berbarengan dengan seledri dan daun bawang. Api yang dipakai adalah api kecil hingga menjadi kaldu. Jangan lupa menyaring kaldunya.
  3. Masukkan bawang putih goreng, merica bubuk, gula pasir, garam, dan penyedap rasa. Kemudian masak hingga mendidih dan tambahkan bawang merah goreng yang diremas-remas sambil diaduk hingga rata.
  4. Sambal : ulek/ blender bahan sambal.
  5. Tata bakso, bihun, mi telur di dalam mangkuk kemudian siram dengan kuah bakso dan jangan lupa taburi irisan seledri dan bawang merah beserta sambalnya jika ingin bakso yang pedas dan segar.
Baca artikel kami yang lainnya ya... Bagaimana resep & cara membuat bakso daging sapi lengkap dan lezat di atas, tidak sulit kan? selamat mencoba dan semoga sukses dan berhasil. Jika anda ingin melihat cara membuat bakso daging sapi ada di sini. Sedangkan untuk kumpulan resep bakso ada di >> Cara Membuat Bakso

Resep & Cara Membuat Bakso Daging Sapi Lengkap dan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown