Aneka Cara Membuat Bakso, Resep Masakan, Dessert, Kue

Cara Membuat Bakso Malang Lengkap

Resep & cara membuat bakso malang dapat dilakukan di dapur anda untuk buah hati dan keluarga. Ciri khas dari bakso malang adalah adanya tambahan bakwan yang menemani saat kita menyantapnya. Langsung saja ke resep bakso malang.

Cara Membuat Bakso Malang Lengkap

Cara Membuat Bakso Malang Lengkap

 Bahan:
500 gram daging sapi giling
100 gram tepung sagu
50 ml air es
1 butir telur ayam
5 siung bawang putih
½ sendok teh merica
1 sendok teh garam
50 gram tepung sagu

Kuah:
2 liter air
500 g tulang sapi
8 siung bawang putih
½ sendok teh merica
3 sendok teh garam
2 batang daun bawang, dan iris tipis
8 lembar kulit pangsit
2 buah tahu Cina, belah menjadi 4 bagian

Pelengkap:
Kecap manis
Sambal rebus
Bawang goreng
Daun selada keriting
Baca juga resep bakso lainnya : Resep & Cara Membuat Bakso Daging Sapi Lengkap dan Lezat
Cara Membuat Bakso Malang :
  1. Langkah pertama adalah dengan menghaluskan bawang putih, garam, dan merica. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan daging sapi giling, campurkan bersama tepung sagu, telur, dan juga air es. Kemudian aduk sampai rata sambil dipadatkan. Lalu bagi menjadi 2 bagian.
  2. Selanjutnya rebus air dengan tulang sapi, bawang putih, merica, dan juga garam. Ambil ½ sendok makan adonan daging, dan bentuk menjadi bola-bola bakso. Kemudian masukkan ke dalam panci sampai matang yang dicirikan dengan mengapungnya bola bakso tersebut. Lalu sisihkan.
  3. Campurkan 1 bagian adonan daging dengan tepung sagu yang akan dipakai untuk isian pangsit kukus dan tahu. Kemudian aduk adonan sampai kalis.
  4. Tahu: Kerok permukaan tahu sampai berbentuk adanya cekungan, terus masukkan 1 sendok teh adonan daging, lalu padatkan dan sisihkan.
  5. Pangsit Kukus: ambil 1 sendok makan adonan daging dan letakkan di atas kulit pangsit. Kemudian padatkan sambil dibentuk seperti mangkuk. Lalu panaskan dandang, kemudian kukus pangsit dan tahu sampai menjadi masak. Angkat, dan sisihkan.
  6. Pangsit Goreng: panaskan minyak dan goreng kulit pangsit sampai menjadi kuning kecokelatan (garing). Lalu angkat, tiriskan dan sisihkan.
  7. Terakhir adaah menyiapkan mangkuk saji dan atur bakso, pangsit kukus, serta tahu. Kemudian tuangkan kuah. Kemudian sajikan dengan bahan pelengkap dan pangsit goreng.
Jika anda ingin melihat cara membuat bakso daging sapi ada di sini. Sedangkan untuk kumpulan resep bakso ada di >> Cara Membuat Bakso

Cara Membuat Bakso Malang Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown