Aneka Cara Membuat Bakso, Resep Masakan, Dessert, Kue

Cara Membuat Kuah Bakso Enak

Sebelum kita belajar cara membuat bakso, sebaiknya kita mengetahui tip-tips tentang bagai mana bikin kuah bakso yang enak dan lezat. Intinya kita membuat kaldu dari tulang sapi dan berikut tips-nya.

Cara Membuat Kuah Bakso Enak

Cara Membuat Kuah Bakso Enak
  • Tips pertama adalah kita dapat secara langsung merebus tulang sapi dan sedikit daging supaya kaldu sapi yang dihasilkan berwarna lebih terang. Namun jika anda ingin kaldu yang warnanya agak gelap maka kita dapat memanggang tulang sapi terlebih dahulu di dalam oven sebelum kita merebusnya. Pembuatan kaldu yang menggunakan teknik dipanggang terlebih dahulu akan lebih beraroma dan sedikit manis karena terjadi karamelisasi dari tulang yang dipanggang. Tips memanggangnya adalah cukup sebentar saja jika sudah keluar karamelnya, dan jangan sampai gosong karena jika gosong maka kaldu akan terasa pahit dan tidak enak lagi.
  • Membersihkan tulang dan daging dari sisa darah, lemak, dsb agar kaldu terlihat bersih dan jernih.
  • Untuk mendapatkan kuah kaldu sapi yang enak, maka tips-nya adalah dengan memilih tulang yang mempunyai sumsum dan jaringan ikat. Alasan memilih tulang yang mempunyai sumsum karena tulang sapi seperti itu akan mengeluarkan rasa yang lebih kuat sehingga rasanya akan lebih nikmat dan lezat.
  • Saat membuat kaldu bakso, rebuslah tulang sapi hingga kaldu sapi akan berwarna coklat kemerahan. Jangan lupa disarig terlebih dahulu sebelum disajikan untuk mendapatkan kaldu yang jernih.
  • Apabila menginginkan rasa yang kuat dan lebih keluar dari tulang sapi maka tips-nya adalah dengan memotong tulang dengan ukuran agak kecil dengan ukuran sekitar 10 cm.
  • Cara membuat kuah bakso enak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan api kecil pada waktu merebus tulang, dan jangan lupa membuang buih yang muncul di permukaan kaldu.
  • Gunakan air dingin saat akan merebus tulang dan jangan rebus tulang mentah dengan kaldu yang sudah mendidih. Kaldu yang sudah jadi sebaiknya tidak dicampur dengan air dingin, hal ini karea rasa dari kaldu sapi akan menjadi berubah dan selain itu kaldu juga akan mudah menjadi basi.
Baca juga : Cara Memilih Ikan Segar untuk Membuat Bakso Berkualitas
Tips membuat kaldu di atas adalah untuk mendukung dari cara membuat bakso yang enak karena jika kuah bakso tida enak maka secara otomatis baksonya juga tidak enak. Jika anda ingin melihat cara membuat bakso daging sapi ada di sini. Sedangkan untuk kumpulan resep bakso ada di >> Cara Membuat Bakso

Cara Membuat Kuah Bakso Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown